Shokai ninshin # 初回妊娠 # first pregnancy # kehamilan pertama @ negeri sakura

Konnichiwa minna-san..

Itulah kata2 pertama yang sering diucapkan sebagai kata sapaan ketika akan berbicara atau bertemu dengan orang lain..artinya adalah `hallo semua,, atau sapaan siang : selamat siang semua..`

Berhubung lagi di Jepang nih, ya tentu lah harus membiasakan diri berbahasa jepang walaupun yang tau cuman kata2 itu..(hihihi), Yah..pemirsa,,saya ingin menuliskan pengalaman juga nih mengenai seputar kehidupan saya di Jepang,, setelah pada akhirnya saya kebagian juga mendapat pengalaman ini, saya juga ingin menulis sebagai memori saya kelak atau barangkali sebagai referensi pengalaman kalau2 ada yang membacanya. Sekian lama saya selalu baca blog ibu2 Indonesia yang bercerita mengenai pengalamannya hamil di Jepang,aduuh kepengen bangett ngerasain juga..eeh,subhanallah nya saya pun akhirnya dapat merasakan hamil di Jepang untuk pertama kalinya.Buat saya ini anugrah yang keren bingits..hehehee..hamil pertama di negeri orang, Jepang pula,,benar2 nikmat Allah yang tidak bisa didustakan..^^

Pertama kali ketahuan hamil, rasanya speechless banget,,antara terharu, seneng, takut..campur2 lah..apalagi ketahuannya pas mau mudik ke Indonesia menjelang ramadhan 2014..ini namanya rejeki ramadhan,,alhamdulillah..:`) Yah disaksikan suami yang sama2 dengan ekspresi datar, jadi bingung juga harus gimana,,hihii..langsung deh searching2 blog ibu2 indonesia yang hamil di Jepang,,Subhanallah ternyata banyak juga yah ibu2 Indonesia yang punya pengalaman hamil dan melahirkan di Jepang..senengg rasanya..jadi banyak temen yang ngerasain juga..^^

Langsung deh, sesampainya di Bandung, saya minta referensi dokter RSIA dari teteh, dan tanpa pikir panjang saya langsung periksa ke dokter tersebut, karena dokternya perempuan..Saya diantar suami karena saya tidak berani sendirian ke rumah sakit,,buat saya rumah sakit itu horror..hihiii..dan kemudian dinyatakanlah bahwa saya hamil 2 minggu..Pertama kalinya melihat yang dinamakan alat USG rada merinding awalnya tapi syukurlah hanya sebentar ..dan pulangnya saya dikasih resep obat anti mual, penguat, dan vitamin..Yang membuat saya kaget adalah biaya nebus obat yang ajiibh..bikin pingsan buat seukuran saya dan suami,,namun yah namanya baru pertama periksa polos2 aja deh ditebus tuh obat,,padahal kalo ditebus di apotek luar jauh lebih sangat murah..~__~

Selain itu saya disuruh medical check up sama dokter buat check virus2,,daan menurut teteh harga med-check juga lumayan,,hmm,,sy dan suami jadi pikir2 lagi..walaupun harus tapi bismillah saya dan kandungan saya akan baik2 saja dan sehat2 saja walaupun ga ikut med-check, toh pikir kami, nanti kan pemeriksaan selanjutnya di Jepang, dan pastinya akan lebih akurat..Dan pemikiran bahwa jaman dulu aja ibu2 dan nenek2 kita ga med-check aja bayinya sehat dan kuat,,ya sudah bismillah saja akhirnya..kita serahkan sepenuhnya sama yang ngasih..

Sebulan waktu berjalan , diikuti puasa ramadhan yang buat saya menyiksa karena tiap hari mual muntah lemes,,tapi ga mau makan apa2,,tpi alhamdulillah diberi kekuatan puasa walau banyak bocornya..padahal itu kesempatan saya jajan banyak di Bandung,,ada baso tahu, lomie, clemon, batagor, bubur ayam, hmm..semua makanan kesukaan ada..tinggal beli,, ga seperti di Jepang..serba `ngacai`..

Kembalilah saya ke Jepang, setelah sebulan lamanya merasakan kembali suasana ramadhan dan lebaran di Bandung. Sesampainya saya disini, saya mendapat referensi rumah sakit dan dokter untuk melanjutkan pemeriksaan kehamilan, kebetulan teman saya ini orang Indonesia juga yang sedang hamil juga,,sangat bersyukur ada teman seperjuangan disini..^^..Dengan sukarela, suami teman saya mengantarkan saya ke rumah sakit, dari mulai administrasi sampai menemui dokternya kami diantar,betapa beruntungnya kami,,karena kami sama sekali bingung semua komunikasi berbahasa jepang, dokternya pun sedikit sekali bisa bahasa inggris,,kami sangat berhutang budi pada teman kami ini…semoga Allah membalas semua kebaikan kalian,,aamiin..^^

Nah, disinilah dimulai cerita sebenarnya..hehee..(intro-nya terlalu panjang).Saya mau menunjukkan beberapa tahapan dari mulai administrasi sampai pemeriksaan.
Pertama-tama, pas sampai di rumah sakit teman kami, mengatakan bahwa kami harus mendaftarkan identitas terlebih dahulu disertai menunjukkan kartu asuransi untuk keringanan biaya, kemudian setelah menunggu beberapa saat, saya mendapat kartu identitas rumah sakit,,yah kurang lebih seperti ini..

IMG_20140814_161353

Sesudah itu kami ke bagian Fujinkan alias ruang kebidanan/ ruang khusus masalah kewanitaan, yah kurang lebihnya itu..lalu kami disuruh mengisi kuesioner seputar awal2 kehamilan,yah sama seperti di Indonesia, namun ini lebih detail dan secara kuesioner dan tentunya dalam bahasa Jepang..untung yang kedua membawa teman yang jago bahasa jepang, sehingga beliau lah yang menjadi translator buat kami..
Selang beberapa menit sesudah mengisi kuesioner, kami disuruh menunggu untuk pemeriksaan. Tak lama kemudian, nama saya dipanggil, pertama kali saya disuruh mengambil air urin dan mengukur tekanan darah dan berat badan SENDIRI..disitu saya sedikit gaptek karena alat ukur tekanan darah nya baru pertama kali saya lihat dan semua serba otomatis..ckck..ibu2 disini harus mandiri bener deh..(sayangnya saya lupa untuk mendokumentasikan alatnya,,lain waktu yah)..dan hasilnya pun langsung keluar dari mesin otomatis itu,,ckckck takjub deh..dan itu ungung yang ke-3 diajari oleh teman saya cara pakai alat tersebut, karena beliau sering mengantar istrinya periksa juga..^^

Selesai itu kemudian saya beserta suami masuk ke ruang periksa dokter,,dokter wanita nya jepang banget, masih muda, cantik dan sangat ramah,,walaupun komunikasi kita susah, namun saya merasakan sangat nyaman berdiskusi dengan dokter tersebut.Dan saya lupa nama dokter itu hihiii..gomenasai..

Lalu saya disuruh ke ruang periksa USG dan alatnya pun berbeda dengan yang pertama kali saya periksa,,sedikit tidak nyaman, namun apa daya,,dan kemudian selagi diperiksa saya disuruh melihat layar hasil USG yang menunjukkan pergerakan si Taiji..subhanallah kedua kali saya melihat ,,ada ekspresi terharu, bahagia campur2 deh..alhamdulillah kondisi janin dalam kandungan sehat wal afiat..walaupun saya tadinya khawatir karena berat badan saya yang tak kunjung naik..ALHAMDULILLAH..

Sesudah itu pemeriksaan pun selesai, kami pun disuruh untuk membayar biaya pemeriksaan sekitar 5000 yen itu adalah harga 1/2 dari biaya pemeriksaan normal karena kami punya kartu asuransi..Jadi bisa dibilang Kartu asuransi di Jepang sangat PENTING dipunyai oleh warga2 asing seperti kita ini apalagi student serba gratisss..(enaknya jadi student di jepang..^^) Dan anehnya saya tidak diberi oleh2 oleh dokter alias resep obat..(bener kata ibu2 di Blog..disini, dokter tidak pernah memberikan resep obat pada pasien kecuali dalam keadaan kritis,,keren,,,obat bukan alat bisnis..)

Perjuangan hari ini belum berakhir, kami disuruh ke kantor Kukayusho, semacam kantor kecamatan gitu,,untuk mendapatkan Boshitecho..yaitu buku panduan kehamilan dari pemerintah..ternyata benar yang dikatakan ibu2 di blog itu,,semua biaya pemeriksaan kehamilan dan kelahiran gratiss alias tidak mengeluarkan biaya dan pas kelahiran pun kalau proses persalinannya lancar, kita dapat uang sisa persalinan,,subhanallah,, dalam hati bersyukur, anak ini belum lahir, rejekinya udah melimpah,,dijamin,,ALHAMDULILLAH..daann setelah melahirkan pun masih dapat tunjangan untuk biaya perawatan si anak dan juga penyuluhan gratis ke rumah oleh petugas kuyakusho..subhanallah,,bener2 deh,,nikmat ALLAH..

seperti gini nih penampakan bukunya..

IMG-20140804-WA0002

IMG_20140804_142742

IMG_20140804_142707

Dan lucunya dikasih gantungan kunci ibu hamil untuk dapet priority seat di kereta/ bus..seperti yang diceritakan ibu2 di blog..akhirnya saya dapat jugaa…senengg deh..^^

IMG-20140804-WA0004

Nah segini dulu yah,,memorinya kebanyakan..next time saya lanjut

Semoga saya, suami dan si ade bayi selalu sehat, kuat dan selamat sampe proses persalinan nanti,,begitu juga dengan keluarga teman saya yang telah sangat membantu kami,,,

BISMILLAH#SEMANGATT#GANBATTE..^^

salam

ティア

kitakyushu 14/08/2014

kenapa orang CHINA dan JEPANG pada PINTER ?????

Saya baru memahami,,kenapa orang CHINA dan JEPANG,, (especially orang CHINA sih..) pada pinter, sukses, giat, ulet, tekun, pokonya de best !!

Sudah sudah hampir 5 bulan rasanya saya berada di JEPANG,, sudah 3 bulan  sebelum saya ke Jepang saya mempelajari huruf2 jepang beserta kanji nya yang bikin saya pusing 7 keliling..@_@..DAANNN..ga ada satupun yang nempel di otak saya ini..hadeuuh…sekarang pun di sini saya belajar bahasa jepang lup-lep alias kadang2..hihi a.k.a malseu..moodi-an,,padahal kan ga bagus,,udah diwanti2 sama suami biar rajinn,,tapiiii banyak tapinya..!! kadang inget kadang engga,,kadang rajin kadang males (sekarang sih kebanyakan malesnya, huhuu) udah ditulis tulisan2 motivasi di depan komputer, ditulis di catatan harian,,teteep,,hanyalah wadimor,,hahaa istilah suami wadimor itu artinya `waduk` dalam bahasa sunda, yang artinya bohong..

nahh ini,,dari hasil analisa saya selama ini (baru sadar sih) mereka tuh dari kecil dididik untuk menhafal huruf kanji yang jumlahnya ribuan (lupa jumlah totalnya). secara huruf kanji tuh, udah tulisannya jelimet harus diafalin, maknanya kalo disambungin sama huruf kanji lain beda2,,beuuhhh,,muzukashii desu..nahh makanya mereka daya ingatnya TINGGI dan itu pun pengaruhnya sama kehidupan mereka pas dewasa,,segala pengetahuan diserapnya gampang karena daya ingatnya yang luar biasa,,dan mereka ga gampang menyerah, tekun , ulet..itu udah jadi kebiasaan mereka dari kecil..cuman gara2 ngapalin dan belajar kanji..huhuuu..SALUT banget deh sama om yang telah menciptakan berbagai aneka ragam huruf kanji beserta pemaknaannya dan pengaruhnya kepada individu2nya…hmmm…….

 

# edisi GALAU belajar KANJI..T_T

1795609_10202912691317925_411687766_n